Merawat Eksterior Kendaraan Anda

Created on Saturday, 21 December 2013 Written by Administrator
139
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Merawat Eksterior Kendaraan Anda0 out of 50 based on 0 voters.


Kendaraan Anda juga perlu dibersihkan agar terlihat rapih dan menjaga nilainya. Berikut beberapa tips dan trik dalam mencuci bagian eksterior mobil Mitsubishi kesayangan Anda.



1. Pilihlah bahan yang tidak mengandung formula yang dapat membuat korosi alias karat. Misalnya bahan-bahan mengandung: petrol, paint thinner, benzene, turpentine, naphta, lacquer thinner, carbon tetrachloride, nail polish remover, dan acetone.
2. Hindari mencuci kendaraan pada sinar matahari langsung. Parkirlah kendaraan di tempat yang teduh dam siram dengan air untuk menghilangkan debu. Selanjutnya, pergunakanlah sejumlah air bersih dan sikat halus pembersih kendaraan atau busa. Cuci kendaraan dari atas ke bawah dan kemudian keringkan dengan kain lembut. Setelah mencuci kendaraan bersihkan bagian sambungan pintu, kap mesin, dan lain-lain yang sekiranya kotoran akan terkumpul.
3. Bersihkan kendaraan segera apabila terdapat air laut, jelaga dan debu, serbuk besi dari pabrik, zat kimia, kotoran burung, serangga dan getah. Benda-benda tersebut akan menyebabkan karat, warna pudar dan kendaraan menjadi bernoda apabila tidak segera dibersihkan.
4. Jangan sekali-kali menyiram atau menyemprotkan air ke komponen elektrik di dalam ruang mesin, hal ini akan berpengaruh buruk saat menghidupkan mesin. Selain itu, perhatikan saat membersihkan bagian bawah kendaraan, jangan menyemprotkan air ke ruang mesin.
5. Jangan mencuci kendaraan berulang-ulang dengan pencuci kendaraan karena kemungkinan sikatnya dapat menggores dan mengurangi kilapnya cat, terutama bagi kendaraan Anda yang mempunyai cat warna gelap.
6. Beberapa tipe pembersih air panas dilengkapi dengan tekanan tinggi, dan dapat memanaskan kendaraan. Hal ini mungkin dapat meyebabkan perubahan bentuk dan kerusakan pada komponen resin dan mengakibatkan banjir pada bagian dalam kendaraan. Oleh karena itu: jagalah jarak sekitar 50 cm atau lebih antara bodi kendaraan dengan nozzle penyemprot. Kemudian, saat mencuci sekitar kaca pintu, tahan nozzle pada jarak lebih dari 50 cm dan sudut yang tepat ke permukaan kaca.
7. Saat menggunakan pencuci mobil otomatis, ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu lipatlah kaca spion luar dari kendaraan anda, lepaskan antena mobil kendaraan Anda, lipat lengan wiper.
8. Setelah mencuci kendaraan, mengemudilah dengan pelan dam sedikit menekan pedal rem beberapa kali untuk mengeringkan rem. Hal ini sangat berguna, karena apabila rem basah maka dapat mempengaruhi kemampuan rem. Dan juga, ada kemungkinan rem menjadi macet dikarenakan karat, sehingga kendaraan tidak dapat bergerak.

Hits: 983